SELAMAT BERKUNJUNG DI BLOG SAYA

Kamis, 07 Juni 2012

RESENSI BUKU GAYA MENGAJAR YANG MENYENANGKAN SISWA




Buku                   :  Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa
Penulis                :  Suparman Supardi
Penerbit               :   Pinus Book Publisher, Yogyakarta
Cetakan               :  I, Juni 2010
Tebal Buku         :  215 halaman
Peresensi             : Ikrawati
                     
     Buku “Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa”,  ditulis oleh seorang penulis yang berdomisisli di Daerah Sulawesi Tenggara yaitu  penulis yang lahir di Bau-bau tanggal 1 April 1982. Selain sebagai penulis dia juga berprofesi sebagai pengajar SMK Kesehatan YKN Bau-bau. Beliau sangat hobi menulis, membaca dan mendengarkan musik klasik sehingga dengan hobi tersebut dia mampu menghasilkan buku ini yang mana jika ditinjau dari daftatar pustakanya memuat banyak referensi.
      Buku  ini  sangat  menarik  jika dibaca oleh para guru atau pendidik, karena memang  isinya ditujukan kepada para guru agar meningkatkan profesionalitas dalam mendidik siswa. Saya sebagai calon guru sangat tertarik membaca buku ini sehingga saya terobsesi untuk membacanya berulang-ulang. Sebab dalam buku ini menyajikan panduan penting bagi para guru untuk menemukan gaya mengajar yang tepat. Kehadiran buku ini juga dapat membantu para guru yang cara mengajarnya kurang profesional menjadi profesional. Sehingga tujuan guru mengajar bukan hanya menjalankan tuntutan kurikulum, menghabiskan materi dalam silabus dan menyelesaikan RPP. Akan tetapi, sebagai seorang guru profesional dan bertanggung jawab harus memiliki kemampuan mendidik.

       Dalam buku ini,  Suparman juga menyajikan berbagai cara mengajar yang menyenangkan siswa dengan berbagai teknik dan metode. Sehingga seorang guru dapat memiliki kepuasan dalam mengajar, baik kepuasan pribadi maupun kepuasan siswa. Dalam hal ini akan menghasilkan guru yang selalu dinanti dan diidam-idamkan oleh siswa.
Dalam penyusunan buku ini sudah sistematis, pembahasannya komunikatif dan jarang menggunakan bahasa asing sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu,  menampilkan berbagai contoh-contoh gaya mengajar yang diinginkan dan perlu diketahui oleh para guru. Namun, dalam pembahasan buku ini banyak dikaitkan dengan ayat-ayat Al Quran sehingga tidak universal, karena setiap guru tentu memilki keykinan yang berbeda. Walaupun demikian, buku ini tetap bermanfaat bagi guru.
    Dengan membaca buku ini guru mampu membawa perubahan pada anak didik, dari tidak tahu menjadi tahu, dari sikap yang tidak baik menjadi lebih baik dengan cara yang menyenngkan.


2 komentar:

  1. Dimana saya dapat membeli buku ini, balas ke email pak mohon infonya...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus